Belajar Di Atas Dipan

Mereka kadangkala belajar di atas dipan. Lewat tengah malam dipan menjadi tempat tidur. Pagi hari dirapikan dan mereka bersiap memulai aktivitas rutin. Mereka adalah siswa siswi SMA dan SMK, berasal dari Pamijahan dan Sukabumi. Sungguh merupakan cerita baru dalam hidup. Seseorang yang  ingin mengejar cita di Perguruan Tinggi. Aku baru menyadari sepenuhnya status sebagai mahasiswa. Banyak pengalaman dan pembelajaran yang didapat.

Bumi Pengembangan Insani namanya. Sebuah kompleks pengembangan masyarakat yang berlokasi di Parung, Bogor. Sudah hampir seminggu kuikuti jalan cerita SNMPTN Camp Chevron. Hari ini adalah hari terakhir, hari penutupan rangkaian acara. Namanya Eric, untuk nama seorang warga Pamijahan, nama itu mungkin terlalu bagus. Dia menjadi MC acara penutupan. Dengan gaya bicara dan sikapnya yang menyiratkan semangat memulai acara dengan jargon CGS: Sahabat CGS Semangat, Ceria, Prestatif. Selanjutnya sang motivator membawa kami ke dalam sebuah perenungan hidup. Ust Syafi’ie El Bantanie nama beliau.
SNMPTN Camp Chevron merupakan sebuah Social Project untuk memberdayakan masyarakat Pamijahan dan Sukabumi di bidang pendidikan. Pesertanya ada lima belas orang. Tujuh dari Pamijahan dan delapan dari Sukabumi. Aku mendampingi mereka selama di Camp beserta Sahabat CGS lainnya. Tiap malam, kami mendampingi mereka belajar. Kadang belajar, kadang bercanda, dan kadang tidur. Siangnya, mereka melakukan KBM bersama siswa SMART Ekselensia bersama para pengajar yang kompeten di bidangnya. Semua hal ini dilakukan dengan meninggalkan bekas kerinduan setelahnya.

Tanggal 12 dan 13 Juni, SNMPTN Tulis dimulai. Mereka diantar ke lokasi masing-masing dan bersiap menjawab tentang nasib mereka. Tak lupa, suntikan motivasi dari Mas Reza, pembina CGS turut mengiringi perjuangan mereka dalam tes tulis tersebut. Dua hari itu berlalu dengan sirat kegembiraan bercampur keraguan. Entah gembira karena apa dan ragu yang belum pasti.

Menunggu selama sebulan untuk sebuah hasil dari tes tulis. Pesan dari Mas Reza, banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT dan banyak-banyak beribadah. Semoga hasil terbaik yang diperoleh. Amiin.