Film 5 cm

images (1)

Resume Film 5 cm.

               Film ini berkisah tentang persahabatan yang erat selama bertahun-tahun antara 5 orang sahabat: Genta, Zafran, Arial, Ian, dan Riani. Mereka mencoba melakukan sebuah perubahan atas kejenuhan pertemanan untuk mencitarasakan kembali rasa persahabatan mereka. Selama tiga bulan berpisah, tidak ada komunikasi satusama lain untuk fokus menggapai impian yang belum selesai. Ian mengejar target lulus S1 UI, karena hanya dia yang belum lulus dari ke-5 sahabat tersebut. Genta, sebagai pengusul ide merencanakan pertemuan yang dirindukan itu di Mahameru pada 17 Agustus. Mereka semua bersiap berangkat setelah mendapat SMS informasi dari Genta. Adik dari Arial, Dinda ikut dalam perjalanan ke Mahameru tersebut.

Dalam perjalanan pendakian, mereka disuguhkan keindahan tak terbilang dari Gunung Semeru. Semakin indah rasanya, ketika ada cinta mekar di sana antara Zafran-Dinda dan Genta-Riani. Perjalanan mereka melewati Ranukumbolo-Kalimati-Mahameru. Untuk mencapai Mahameru mereka meletakkan puncak Gunung Semeru itu 5 cm di depan mata. Dan beretorika untuk bersungguh-sungguh mencapai Mahameru. Longsor batu sempat membuat Ian dan Dinda terluka ketika hendak mencapai Mahameru, tapi di sanalah perjuangannya. Hingga akhirnya mereka mencapai Mahameru, Puncak Gunung Semeru, Puncak Tertinggi Di Jawa, Indonesia.

Apa yang mereka saksikan lebih dari keindahan pemandangan di atas awan. Adalah bendera merah putih yang mereka tatap tegap di Mahameru dan kebanggaan itu begitu menggetarkan hati.  Indonesia begitu indah dengan segala kekayaannya. Mari jaga negeri ini!

Di akhir kepulangan mereka bermalam di Ranukumbolo setelah sebelumnya berendam di danau sana. Dan, apa yang diduga ternyata sesungguhnya Riani menaruh hati bukan kepada Genta, tetapi kepada Zafran.

Persahabatan mereka terus terjaga, Zafran berkeluarga dengan Riani, Genta menjadi pemimpin di cafe/kantor, Ian lulus S1 UI dan berkeluarga dengan Happy Salma, sama halnya Arial juga berkeluarga dengan peminangan yang romantis. Dan Dinda yang lanjut S2 ekonomi sepertinya dengan Genta🙂. Ya begitulah persahabatan, dan kisah cinta.

Film ini, saya rasa memiliki kekurangan. Di film ini hanya menggambarkan semangat kebanggaan terhadap negeri ini. Tidak semua mimpi dari ke-5 sahabat tersebut dideskripsikan dengan jelas.  Tapi, bagus untuk memberikan motivasi lebih bagi kita. Mari realisasikan impian!🙂

Nilai-nilai yang Bisa Diambil:

  1. Persahabatan dan cinta: hal ini diberikan oleh Tuhan kepada manusia. Memaknainya begitu dalam sungguh nikmat yang tak terkira.
  2. Kebanggaan terhadap negeri. Kita dilahirkan di negeri ini, secara sederhana kita mesti berbakti ke negeri ini.

3.  Dalam mencapai impian, kita taruh impian itu 5 cm di depan kita dan lihatlah apa yang terjadi selanjutnya. Kita berada di puncak

impian🙂