Just Do It!

Seorang teman meminta untuk ditunggu. Kami berangkat bareng ke sebuah seminar besar di Sabuga. Seminar Enterpreneurship. Beberapa teman dari jurusanku juga banyak yang ikut. Bahkan, ada yang jadi panitia.

Ruangan ini dihadiri sekitar 2000 orang. Para peserta mulai memadati kursi yang disediakan. Sebuah grup menyanyikan tembang lagu Gren Fredly, menghibur peserta sebelum acara dimulai.

Tepuk tangan gemuruh membahana ruangan ketika Hatta Rajasa mulai menaiki podium memberikan keynote speech. Beliau mengemukakan tentang adanya peningkatan kualitas dan kuantitas ekonomi di daerah Asia Tenggara. Trend nya berubah dari Eropa menuju Asia. Negara ini harus siap untuk menyongsong hal demikian.

Selanjutnya acara dibagi menjadi tiga sesi. Setiap sesi berisi sharing dan diskusi dengan CEO, pengusaha, direksi dari sebuah perusahaan atau unit usaha. Ada dari Creative Industry, Telkom, Kaskus, Kementerian terkait, dan lainnya.

Di akhir acara tepuk tangan terdengar membahana kembali  ketika Jusuf Kalla memberikan keynote speech di akhir. Beliau begitu interaktif dengan peserta, menanyakan tentang impian dan usaha apa yang akan dilakukan. Beliau sharing tentang Just Do It. Yang penting lakukan saja kalau mau usaha.

Acara tersebut juga sebagai bukti bahwa di negara ini masih banyak orang yang peduli dengan kewirausahaan sebagai jalan dalam mengatasi masalah sosial, politik, dan budaya.

Sabuga, 9 februari 2013