GET READY TO THE NEXT LEVEL

Get Ready To The Next Level! Sambil mengacungkan telunjuk ke langit begitulah jawaban yang keluar ketika aku memimpin jargon Spirit Camp 2013 pada apel pagi itu. Hari itu rangkaian Spirit Camp 2013 dimulai di Saung Dolken, Bogor yang akan berlangsung selama dua hari.

apel

Apel Pagi

Setelah semua peserta datang dari berbagai penjuru kampus, rangkaian acara diawali dengan gebyar suara dan video yang menampilkan pembukaan Spirit Camp 2013 diiringi penampilan seni dari Vika, membawakan sebuah lagu. Sesaat setelah itu, Master of Ceremony muncul untuk menguasai jalannya acara, Alan dan Omah. Beberapa kalimat pembuka masing-masing dilontarkan oleh kedua MC. Rangkaian acara sepenuhnya akan dipandu oleh mereka.

vika pembukaan

Acara dibuka dengan penampilan seni

mc

Master of Ceremony

Jajaran Chevron dan Dompet Dhu’afa cukup lengkap mengisi barisan depan. Peserta duduk rapi memandang panggung, bersiap untuk menyaksikan meriahnya acara pembukaan Spirit Camp ini.

Ruangan hening sejenak. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dibawakan oleh Irwan. Begitu menyentuh. Hening masih berlangsung hingga MC kembali membuat ramai suasana.

tilawah

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Dari Chevron yang hadir Pak Gita dan Pak Fernando, sedangkan dari Dompet Dhu’afa Mas Romi, Bu Nuk, Mas Fachri, Mas Budi, Mas Eko, Mbak Nana, dan tentunya pembina kami di Sahabat CGS Mas Hassan.

jajaran chevron dan DD

Peserta dan Stakeholder Chevron-Dompet Dhu’afa

MC memberikan kesempatan kepada Bu Nuk (begitu panggilan akrab kami) untuk memberikan sambutan pertama. Dilanjutkan sambutan dari Pak Gita, selaku perwakilan dari Chevron sekaligus membuka secara resmi acara Spirit Camp 2013.

Bu Nuk

Sambutan Bu Nuk, selaku perwakilan Dompet Dhu’afa

pak gita

Pak Gita membuka secara resmi Spirit Camp 2013

Ada satu sesi yang baru di Spirit Camp kali ini. Wisuda alumni beasiswa. Kang Irpan dan Tri menjadi alumni yang diwisuda langsung oleh stakeholder Chevron dan Dompet Dhu’afa.

alumni dan stakeholder chevron dan DD

Dua alumni beasiswa(tengah) yang diwisuda langsung oleh stakeholder Chevron-Dompet Dhu’afa

Tri menyampaikan pidato wisuda di hadapan semua hadirin. Memilih untuk memilih pilihan yang terbaik, bekerja di sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai macam kondisi. Jajaran Chevron dan Dompet Dhu’afa nampak gembira dan memahami apa yang dipilih olehnya.

sambutan tri

Pidato dari Tri selaku wisudawan

Acara dilanjutkan pada Launching Penerima Baru Beasiswa Prestasi Chevron-DD 2013. Muha menampilkan video yang menggugah kegembiraan kami dengan adanya keluarga baru. Saat ini, sudah semakin banyak anggota Sahabat CGS. Aku sendiri sudah selama tiga tahun menerima beasiswa tersebut.

Berikut foto-foto penerima Beasiswa Prestasi Chevron-Dompet Dhu’afa 2013:

tomi sopyan siti scgs baruk scgs baru nya scgs baru lagi pin lagiya salaman dede ismail irwansyah deris

Setelah launching, acara dilanjutkan dengan pengenalan Chevron dan Dompet Dhu’afa. Dipandu oleh dua penerima beasiswa yang dengan cakap menjelaskan apa itu Chevron dan peranannya selama ini, terutama untuk daerah Pamijahan dan Sukabumi. Peserta begitu antusias untuk menanggapi paparan dari Irwan dan Lia. Pak Gita dan Pak Fernando tak mau kalah untuk menanggapi berbagai pertanyaan dari peserta yang begitu tertarik dengan Chevron.

Pengenalan selanjutnya, yaitu pengenalan Dompet Dhu’afa diisi oleh Bu Nuk. Sosok Bu Nuk begitu keibuan, mengayomi kami dan sangat terbuka kepada kami selaku penerima beasiswa. Pertanyaan dari kami dijawab oleh beliau dengan blak-blakan sehingga kami merasa mendapat banyak wawasan. Beliau juga memberikan banyak nasihat untuk kami.

Satu hal yang pasti. Hari itu, kami secara resmi memiliki keluarga baru. Sahabat-sahabat baru yang akan berjuang bersama di Sahabat CGS dalam rangka berbakti untuk daerah. Itulah Bakti kami Untuk Negeri kami menjadi sajian acara selanjutnya dalam tampilan talkshow.

scgs serang

Sahabat CGS Serang

scgs cirebon

Sahabat CGS Cirebon dan Bandung

scgs bogor dan jakarta

Sahabat CGS Bogor dan Jakarta

spirit camp

Berfoto bersama jajaran Chevron dan Dompet Dhu’afa

scgs bandung

Sahabat CGS Bandung

Talkshow ini dihadiri beberapa pembicara, mulai dari alumni yaitu Kang Irpan hingga penggiat SocioEnterpreneur yaitu Kang Goris Mustaqim. Talkshow kali ini seakan memberikan cambukan kepada kami semua untuk berbakti kepada daerah. Meskipun berada di luar daerah, jangan lupakan daerah. Hal itu ditunjukkan oleh Kang Goris Mustaqiem sebagai founder ASGAR Muda. Beliau bersama yayasan tersebut telah melakukan banyak kegiatan berbasis sosial untuk memajukan daerahnya di Garut. Semangat untuk memajukan daerah jangan sampai berhenti. Kang Sholeh sebagai pembicara lainnya juga menekankan bahwa bangsa Indonesia memiliki banyak sumber daya, tapi sebagian besar dikuasai asing. Saatnya kita berperan penuh terhadap kekayaan kita.

                                                                        Bogor, 27-29 September 2013

2 pemikiran pada “GET READY TO THE NEXT LEVEL

Komentar ditutup.