BE AN ENGINEER IN THE OIL AND GAS INDUSTRY

Studium Generale kali ini memaparkan tentang kriteria yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja di Schlumberger. Diisi oleh Pak Benny Poedjono. Selain itu, dibahas juga pembentukan migas dan eksplorasinya.

Schlumberger merupakan salahsatu perusahaan besar migas di dunia dengan pekerja melebihi 120.000 orang dan bekerja di lebih dari 85 negara. Memfasilitasi pengalaman lokal dan keberagaman pemikiran, latarbelakang, dan pengetahuan lebih dari 140 kebangsaan.

Schlumberger adalah perusahaan pelayanaan lapangan migas terbesar di dunia. Bekerja secara global, perusahaan ini menginvestasi, mendesign, menteknisi, dan menggunakan teknologi untuk membantu customer menemukan dan memproduksi migas secara aman dan efisien.

Industri migas mencakup tiga bagian utama: upstream, midstream, dan downstream. Schlumberger mengoperasikan upstream yang mencakup aktivitas dari subsurface ke wellhead.

Ketika bergabung di Schlumberger, kita akan mengikuti program training bertahap tiga tahun terakhir. Tidak peduli latarbelakang, perusahaan ini memiliki training yang sama untuk setiap orang untuk perkembangan kualitas. Di Schlumberger kita dapat tetap berkarir di keteknikan atau bisa pindah ke area lain atau negara lain.

Training yang ada di Schlumberger terus berlanjut sepanjang karir di perusahaan, tidak terbatas pada awal-awal masuk kerja. Training tersebut meliputi Global Network of Learning Centers, Fixed-Step Training, Importance of Internships, Annual Training and Development, dan Creating a Partnership.

Kriteria orang yang dicari oleh Schlumberger secara umum merupakan orang yang dapat bekerjasama dengan baik sebagai tim, yang berkontribusi untuk sebuah goal yang besar, memahami kebutuhan customer, kreatif dan intelek dalam menjalankan bisnis perusahaan di masa depan, kemampuan menjalin relasi dengan kolega dan customer, pendengar yang baik yang memahami gambaran yang lebih besar, dapat beradaptasi ke situasi yang baru dengan mudah, mampu berpikir dan menyelesaikan tantangan kompleks. Sedangkan dari segi hardskill dan akademik, perusahaan ini mensyaratkan IPK minimal 3 dari skala 4, mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik.

Untuk engineer, peneliti, dan operator, Schlumberger mencari orang yang high-energy, self-motivated dengan visi, mampu menyelesaikan masalah, komunikasi, kepemimpinan, dan kemampuan interpersonal.

Engineer di Schlumberger terdiri dari Field Engineer, Field Specialist, Maintenance Engineer, Maintenance Technician. Seorang Field engineering berada di garis depan, mencakup setiap fase bisnis perusahaan–pengumpulan data awal yang dibutuhkan untuk penentuan drilling untuk mendesign rencana jangka panjang pada lapangan multireservoir dan multiwell yang kompleks.

Sesi selanjutnya dipaparkan mengenai pembentukan migas.

Berbicara pembentukan migas, berkaitan dengan Petroleum System Elements. Elemen-elemen ini terdiri dari: Source Rock; batuan dengan material organik yang mengandung hidrokarbon melimpah, Reservoir Rock; batuan tempat akumulasi migas dengan kriteria porositas dan permeabilitas, Seal Rock; batuan yang mana migas tidak dapat berpindah secara efektif, Migration Route; jalur perjalanan migas berpindah dari Source Rock ke Trap, dan Trap; susunan struktur dan stratigrafi yang mengumpulkan migas dalam sebuah akumulasi.

Reservoir Rock merupakan tempat akumulasi migas. Tentunya porositas batuan yang ada diharapkan baik agar migas yang ada terkumpul dalam jumlah yang besar dan akan menguntungkan. Semakin bagus porositas, semakin banyak ruang untuk migas terakumulasi. Adanya semen yang mengisi pori pada Reservoir Rock mereduksi kualitas dari migas, selain mengurangi ruang bagi migas.

Jadi, migas terbentuk dari Source Rock yang matang kemudian bermigrasi ke dalam Reservoir Rock, kemudian migas ini bermigrasi lagi sepanjang jalur di Reservoir Rock menuju Trap. Trap atau perangkap ini sendiri terdiri dari perangkap yang terbentuk karena struktur geologi dan perangkap akibat stratigrafi.

Pada tahapan pencarian migas, dilakukan eksplorasi oleh geologis, geofisikis, dan ahli pemboran. Dilakukan juga basin modeling. Selanjutnya tahap drilling dengan menggunakan alat bor sesuai kriteria. Terdapat juga kalibrasi core untuk analisis petrofisika. Jika sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk perusahaan, migas siap dieksploitasi atau diproduksi. 

 

Sumber: 

Poedjono, Benny. 2013. Be An Engineer In The Oil and Gas Industry. Schlumberger. Studium Generale ITB tanggal 4 September.