Detakan Rakutak

Hari Ahad kemarin, saya ikut bergabung bersama Satu Bumi Kita untuk mendaki Gunung Rakutak yang berlokasi di Kabupaten Sumedang. Gunung ini memang jarang diketahui oleh orang. Untuk mencapai lokasi, kita dapat menuju ke arah Ciparay. Detilnya saya kurang tahu karena kemarin sempat menumpang motor dengan teman yang lain. Anggota pendakian kita berjumlah 11 orang: Misbah, Ibut, Om Firman, Mbak Lia, Mbak Pay, Deni, Rudi, Gilang, Una, Teguh. Kita bertemu sebelumnya di Carrefour Kircon. Pukul 07.00 WIB saya berkenalan dengan anggota Satu Bumi Kita (Sabuki). Ternyata banyak juga anggotanya. Ada Una yang juga mahasiswa S2 ITB Jurusan Arsitektur. Kita go bareng-bareng menuju Gunung Rakutak.

Pukul 08.00 WIB, kami tiba di Himpala Gunung Rakutak dan melapor dan menitipkan kendaraan motor. Kemudian, kami berkenalan lebih detil masing-masing dan berdoa bersama. Hujan rintik-rintik menghiasi perkenalan kami saat itu. Satu hal yang pasti, di sini kami bersama-sama akan mendaki. Berangkat dan pulang bersama pula. Udara lumayan dingin. Bahkan Gunung Rakutakpun tertutup oleh kabut putih yang tidak pekat. Ketika pertamakali diajak, saya tidak mengenal sebelumnya nama gunung ini.

Kita sempat membawa pohon-pohon untuk ditanam di punggungan gunung nanti. Melewati rumah penduduk dan pesawahan terlebih dahulu. Kemudian perkebunan warga, ada tomat, daun bawang, dan aneka sayuran lainnya. Jalanan relatif masih landai. Beberapa kali kami terpeleset dan terjerembab dengan lumpur-lumpur ketika naik. Tapi kami saling membantu dan menyemangati untuk pendakian ini.

Seterusnya kami melewati rerimbunan hutan dan ilalang setinggi badan kami. Udara tidak cerah. Hujan rintik sesekali datang dan pergi dalam interval waktu yang tidak menentu.

Om Firman sambil menyemangati pendakian ini juga sharing-sharing tentang pendakian, rencana kegiatan Sabuki, dan kalimat-kalimat penyemangat lainnya. Perjalanan berlanjut melewati hutan, medan makin terjal, tidak banyak pendaki yang kami temui. Hanya obrolan di kelompok ini  yang menemani perjalanan kami dan sapaan ke beberapa pendaki yang lain.

Di tanah dan tanjakan yang longsor kami tanam pohon yang kami bawa dari Himpala. Sambil menggali lubangnya, teman yang lain menyiapkan pohonnya kemudian ditanam. Semoga pohon ini tumbuh dengan baik sebaik kita mencoba memahami pentingnya melestarikan alam. Saya lupa nama pohonnya, tapi bisa menyerap air dengan kuat.

Perjalanan terus berlanjut. Beberapa kali kami istirahat dan melihat pemandangan sejenak. Canda tawa tak luput menghiasi perjalanan kami yang semakin menanjak ke puncak. Kami daki gunung ini One Day Hiking. Beberapa kali matahari menampakkan wajahnya di langit biru yang hanya muncul di balik awan. Tapi lebih banyak mendungnya.

Pukul 13.00 WIB kami tiba di puncak Rakutak. Hujan menyambut kedatangan kami. Langsung saja flysheet kami pasang untuk melindungi diri. Ketika sudah jadi, hujan reda tapi hembusan angin cukup kencang untuk meniup wajah dan rambut kami.

Saatnya makan siang. Enak sekali. Makan bersama-sama dengan nasi kuning, telur, mie, kerupuk, sukro, kentang crispy, roti, onde-onde. Semuanya kami lahap tanpa tersisa. Om Firman sekali lagi mengambil alih percakapan dengan cerita-ceritanya yang membuat kita berpikir manfaat mendaki gunung. Pukul 14.00 WIB kami turun dari puncak. Sayang memang tidak terlihat pemandangan di puncak ini karena tertutup kabut. Tapi kami punya cerita dan hikmah baru. Gilang menyatakan ini merupakan ayat kauniyah.

Medan yang kami lewati sama ketika mendaki gunung. Diselingi istirahat, cerita, canda tawa, dan sesi foto-foto.

Pukul 17.00 WIB kami hampir tiba di kaki gunung dan pemandangan Kabupaten Bandung begitu indah. Gunung Malabar juga ikut memagari daerah ini. Hamparan bangunan seperti semut yang diam dalam satu komando alam. Siap menerima perintah untuk menggerakkan kehidupan.

Pukul 17.45 WIB kami meninggalkan Rakutak bersama pohon yang kami tanam. Seterusnya suatu saat kami akan mendaki lagi. Ingin lebih memahami kuasa Sang Pencipta. Bahwa kita ini kecil, tandas Om Firman.

IMG_20140209_125945 IMG_20140209_125952 IMG_20140209_131901 IMG_20140209_132008 IMG_20140209_132022 IMG_20140209_152837 IMG_20140209_160320 IMG_20140209_160331 IMG_20140209_160334 IMG_20140209_160424 IMG_20140209_160428 IMG_20140209_170228 IMG_20140209_170239 IMG_20140209_170247