Lulus

Alhamdulillah, rangkaian pendidikan geologi sudah saya lewati. Banyak sekali pelajaran yang didapat di ujian sidang barusan. Banyak koreksi dari draft dan peta geologi. Tetapi semua itu sudah terlewati dan secara resmi Pak Choiril selaku ketua sidang sudah mengumumkan bahwa saya lulus sebagai sarjana teknik di Program Studi Teknik Geologi.

Satu hal yang paling penting dari semua itu saya mesti bersyukur. Menilik ke belakang banyak sekali pihak-pihak yang terlibat dalam proses kelulusan ini. Begitu juga, saya selalu ingat lapangan TA saya di Desa Cibuluh, Sumedang. Pemandangan Tampomas selalu indah dipandang mata saat makan siang di gubug dan saat mendeskripsi singkapan di sepanjang dinding Sungai Cipanas. Lapangan dengan luas sekitar 21 km2 itu menjadi wadah bagi saya menganalisa tatanan geologi yang ada. Ujian sidang barusan memperlihatkan betapa arifnya para dosen untuk mengrahkan pemahaman kepada mahasiswa jika dirasa terdapat kekeliruan. Bayangan saya berupa sidang yang dimarah-marahi dosen terasa lebih berasa dengan berbagai masukan untuk menjadikan diri saya sebagai seorang geologis. “Selamat, Anda sudah bergelar Insinyur” Tutur Pak Choiril sambil tersenyum. Selepas sidang  lega dirasa dan merasa masih sangat banyak kekurangan. Karena itu harus terus memperbaiki diri dan meningkatkan pemahaman geologi. Sejak masuk geologi inilah, menikmati gejala bumi dengan pemaknaan jauh lebih mengenakan hati dibandingkan hanya memandang keindahannya saja. Begitu tutur sebuah moto dari salahsatu komunitas geotrek.

Dalam proses keseluruhan ini, pada akhirnya saya banyak mendapatkan semangat, bantuan, inspirasi, dan motivasi dari berbagai pihak. Ucapan terima kasih sebesar-besarnya tertuju kepada:

  • Keluarga Besar di Desa Ciasmara dan SMAN 1 Leuwiliang yang memberikan banyak doa, dukungan, nasehat-nasehat, dan hal besar lainnya sehingga penulis mendapat banyak manfaat dan hikmah.
  • Bapak H. Ahmad Heryawan, Lc. selaku Gubernur Jawa Barat serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas bantuan biaya pendidikan secara penuh termasuk biaya kebutuhan sehari-hari sehingga penulis dapat menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung.
  • Chevron Geothermal Salak, Dompet Dhu’afa, Project Officer antara lain Pak Gita, Mas Hasan, Mbak Nana, Mas Fachri, Bu Nuk, Pak Dali, dan jajaran lainnya yang telah membantu juga dalam memberikan bantuan baik biaya maupun pembinaan karakter.
  • Bapak Dr. Eng. Imam A. Sadisun, MT. atas kebaikan dan kesabarannya dalam membimbing penulis, banyak sekali bantuan, motivasi, nasehat, inspirasi yang diberikan sehingga penulis mendapat banyak pembelajaran yang sangat berharga.
  • Seluruh dosen dan karyawan di Program Studi Teknik Geologi ITB yang telah memberikan ilmu yang sangat berharga dan memberikan bantuan selama perkuliahan di Teknik Geologi ITB.
  • Rekan-rekan pemetaan bersama: Teguh, Iyo, dan Ara serta Mas Rendi, Mas Arif, dan Mbak Fita di Laboratorium Geologi Teknik ITB yang telah membantu dalam perencanaan, pengolahan data, sharing-sharing, dan lain-lain.
  • Rekan-rekan Teknik Geologi ITB 2010 yang telah bersama-sama kita kuliah, saling mendukung atas kesuksesan, dan anggota biasa HMTG “GEA” ITB yang memberikan bantuan ilmu dalam bidang akademik maupun organisasi, serta kebersamaan selama berhimpun.
  • Kepala Dusun Cipinangpait, Pak Olot dan keluarga serta Kades Cibuluh, yang telah membantu penulis di Sumedang.
  • Sahabat sekosan di Jalan Taman Hewan: Eka, Aliyyus, dan Aceng. Semoga ketika sudah sukses kita bisa saling bertemu kembali.
  • Teman-teman Keluarga Pelopor yang berjumlah 96 orang. Perjuangan kita masih panjang untuk mengembangkan daerah kita tercinta, Jawa Barat.
  • Rekan-rekan di Sahabat CGS: Kang Irfan, Tri, Kang Heru, Alan, dan lainnya.
  • Teman-teman di sekre Pelopor: Ifan, Tarlani, Aceng, Firman, Luhur, dan Irma.
  • Teman-teman di Tubagus V: Arpan, Adit, Dedi, Deday, dan Fuad, atas kebersamaan dan kehangatan yag diberikan.
  • Teman-teman di Al-Jibaal ITB: Wahyu, Remi, Bahary, Rahmad, Anwar, Rifki, dan lainnya.
  • Kang Ikhsan dan teman satu lingkaran Dipta, Hasan, Reza, dan lainnya.
  • Berbagai pihak yang  tidak bisa disebutkan satu per satu, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Bandung, September 2014

Misbahudin

IMG-20140929-WA0003

 #Pasca lulus sidang