SBMPTN

SBMPTN adalah jalur masuk perguruan tinggi melalui ujian tertulis. Tahun ini memang ada perubahan nama, untuk jalur undangan namanya SNMPTN. Selain kedua itu, uiversitas juga mengadakan ujian masuk mandiri atau jalur khusus. Pekan kemarin tanggal 15-17 Mei 2015 saya mengikuti kegiatan sosial berupa Pelatihan SBMPTN di daerah saya, Pamijahan, Bogor. Uji Tulis SBMPTN ini berlangsung 9 Juni 2015, bertepatan dengan pendaftaran ulang siswa yang lolos SMPTN.

Peserta berasal dari berbagai SMA yang ada di Kecamatan Pamijahan. Program ini didukung oleh Perusahaan Chevron Geothermal Salak dan Dompet Dhuafa. Saat itu, saya mengajar bidang Fisika. Para peserta secara umum merasa Fisika adalah mata pelajaran paling sulit dibandingkan dengan yang lain. Memang banyak sekali persamaan untuk menghitung kuantitas dari besaran-besaran yang ada di fisika. Saya memahami itu dan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu peserta agar memahami soal-soal fisika dengan lebih mudah.

Saya jelaskan terlebih dahulu konsep-konsep dasar dan persamaan yang ada di fisika. Kemudian masuk ke soal, dimulai dengan cara berpikir yang sistematis untuk menyelesaikan soal. Peserta cukup antusias dengan fisika pada akhirnya, karena jika kita amati secara dekat kita bisa menyelesaikan soal-soal fisika itu dengan mudah dan cepat. Program inipun untuk membantu siswa SMA di Pamijahan untuk meraih mimpinya menimba ilmu di universitas.

Sayapun berasal dari kecamatan Pamijahan. Pada akhirnya setelah masuk ITB, dampak dari pelatihan SBMPTN sangat membantu. Tidak hanya secara substansi materi, tapi bagaiman juga para pengajar memberikan motivasi untuk selalu meraih cita-cita dengan optimis, kemudian canda-canda yang membuat tawa, semakin menghangatkan suasana. Karena kita hidup untuk berbagi. Berbagi kebahagiaan dan jalan kesuksesan dengan orang lain.

 

Pamijahan, 15-17 Mei 2015.

#Kabut putih bersama matahari saat itu menyinari sekolah, menyambut harapan siswa-siswa negeri ini.