Microtunneling

Pada semester ini saya berkesempatan untuk menghadiri seminar tentang Microtunelling -The Use of Urban Underground Space. Seminar ini menghadirkan dua profesor dari Kyushu University, Jepang dan dua orang dari perusahaan Microtunneling, Iseki -Jepang.

Presentasi pertama diisi oleh Dr. Kikuo Matsui, Professor Emiritus, Kyushu University dengan judul Basic Technology of Microtunneling. Kemudian diikuti oleh presentasi Dr. Hideki Shimada, Professor of Kyushu University, Department of Earth Resources Engineering dengan judul Lubrication of Microtunneling and Jacking Force. Terakhir Mr. Masaya Hirai dan Mr. Katsuyuki Sasaki yang membawakan materi Application of Microtunneling dengan studi kasus Microtunneling Pipe-roofing dan Pipe-renewal.

Teknologi Microtunneling adalah salahsatu metode terowongan yang digunakan dalam instalasi saluran pipa melalui bawah tanah yang secara luas dikembangkan di Jepang. Microtunneling cocok untuk kondisi lalu lintas yang padat dan menambah nilai pemanfaatan kebutuhan bawah tanah. Melalui inovasi yang terdapat pada teknologinya, Microtunneling berfungsi dalam konstruksi pipa pembuangan di negara-negara berkembang. Dalam rangka menjaga keselamatan pekerja, alasan lingkungan, dan juga masalah biaya, metode pembuatan terowongan dengan diameter kecil yang efisien dan tanpa adanya keterlibatan manusia dalam konstruksi pipa secara langsung diharapkan menjadi solusi penting yang terus meningkat dalam rangka mengatasi persoalan pembuangan, suplai air, listrik, telekomunikasi, dan gas. Terdapat beberapa aspek variatif dalam Microtunneling di antaranya Microtunneling yang didukung dengan pipe-roofing dan EXP-technology sebagai aplikasi Microtunneling.

[bersambung]