Sumedang untuk kedua kalinya

Saya tertarik dengan Sumedang karena di sinilah saya memulai penelitian saya. Ada satu buah Formasi yang sangat terkenal di kalangan para Engineering Geologist, yaitu Formasi Subang. Sebuah formasi yang memiliki nilai mengembang yang terbilang tinggi, setidaknya pernah diteliti oleh dosen pembimbing saya. Dibandingkan dengan batulempung dan batuan argilik lainnya di Jepang, Formasi Subang tetap lah yang paling tinggi sifat mengembangnya. Ini tidak terlepas dari kandungan mineral dan susunan lembar batulempungnya jika dilihat menggunakan SEM.

Berbicara mengembang, batulempung bisa mengembang karena dalam struktur di dalam dirinya terdapat penampungan ruang untuk air. Jika air mengisi, maka terjadi ikatan di dalam batulempung sehingga kenampakan fisiknya dia terlihat mengembang. Apakah dalam diri manusia juga seperti itu?

Saya melihat sendiri bagaimana saya menjadi saksi seorang mahasiswa yang sempat terpuruk dalam memperjuangkan kuliahnya, kemudian dia bisa bangkit dari keterpurukannya, melakukan penelitian tugas akhirnya di Sumedang, dan berhasil menjadi Sarjana. Apa yang membuat dia bisa seperti itu? Saya melihat semangatnya yang besar, banyak orang yang melihat kesuksesan dari hal yang tidak semua orang bisa lakukan. Tapi ternyata perjuangan melawan diri sendiri adalah perjuangan paling berat. Begitulah yang pernah disabdakan Nabi.

Tertarik mengikuti kisah mahasiswa tersebut?  Segera miliki “Buku Ngga Jadi Drop Out” karya Adam Habibie yang hanya dicetak sebanyak 200 eksemplar, jangan sampai kehabisan.🙂

Pemesanan bisa ke Misbah-085811435418

12316262_10203875593290520_1629407584575801016_n20151126192907