Beasiswa Chevron-Dompet Dhuafa

Zakat memiliki manfaat sosial yang besar dalam andil penyelesaian masalah-masalah yang ada di masyarakat. Zakat banyak disandingkan dengan perintah salat sehingga posisinya begitu penting dan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Para pemberi dan penerima zakat sendiri sudah ditentukan melalui syariat agama. Berbeda dengan zakat, sasaran penggunaan pajak bersifat lebih umum dalam penyelenggaraan suatu negara. Dalam rangka mengakomodasi kepentingan zakat dan pajak di Indonesia, zakat sudah ditempatkan sebagai unsur pengurang penghasilan netto dalam penentuan dasar pengenaan pajak. Dengan demikian, zakat memiliki peran penting dalam membantu proses perekonomian negara dan menunjang  kehidupan sosial masyarakat.

Di antara lembaga pengelola zakat yang ada di Indonesia, Dompet Dhuafa secara konsisten terus mengembangkan pengelolaan dana zakat serta dana-dana sosial lainnya. Melalui Zakatnesia, Dompet Dhuafa menunjukkan cara penyaluran zakat dalam upaya menyelesaikan permasalahan secara mendasar yang ada di masyarakat dalam bidang pendidikan, ekonomi kerakyatan, kesehatan, dan lain-lain. Salah satu lembaga yang berada di dalam tata kelola Dompet Dhuafa, Beastudi Indonesia menjadikan pendidikan sebagai fokus utama dalam peningkatan kualitas manusia. Upaya yang dilakukan di antaranya melalui pemberian beasiswa. Beberapa program beasiswa yang dikelola oleh Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa adalah Beastudi Etos, Beasiswa Aktivis Nusantara dan Kepakaran, serta Beasiswa Kemitraan. Pemberian beasiswa tidak hanya mencakup biaya pendidikan untuk penerima manfaat (mahasiswa) dalam menjalankan proses pendidikan, tetapi program-program pembinaan individu dan kelompok juga diberikan sebagai bekal penerima beasiswa untuk berkontribusi di dalam masyarakat.

Salah satu program beasiswa kemitraan Dompet Dhuafa adalah beasiswa yang dijalin atas kerjasama dengan Chevron Geothermal Salak, perusahaan pengelola panas bumi di daerah operasional Gunung Salak yang mencakup tiga kecamatan di perbatasan Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Penerima manfaat Beasiswa Chevron-Dompet Dhuafa yang berasal dari daerah ini cukup banyak dan tersebar di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Mereka berjumlah 40 mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus-kampus seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Soedirman, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Islam Negeri, dan Sekolah Tinggi Seni Indonesia. Hal ini menunjukkan potensi sumberdaya manusia di daerah operasional Chevron Geothermal Salak tidak kalah dengan sumberdaya manusia di wilayah-wilayah perkotaan.

Penerima Beasiswa Chevron-Dompet Dhuafa selain dibantu pembiayaan pendidikannya, juga  secara rutin dibekali kemampuan sosial, kewirausahaan, kepemimpinan, komunitas sosial, serta materi-materi yang bertujuan membentuk pribadi unggul yang menebar manfaat melalui wadah komunitas. Para penerima manfaat Beasiswa Chevron-Dompet Dhuafa merupakan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi di kampus masing-masing serta menjadi aktivis-aktivis baik dalam organisasi maupun kegiatan-kegiatan yang mereka geluti.

Sebagai wujud proses kontribusi terhadap masyarakat, penerima beasiswa membentuk program sosial di daerah dengan mengadakan pelatihan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, pemilihan duta pendidikan, seminar, dan lain-lain. Program-program yang dikembangkan oleh mereka sejauh ini berkonsentrasi di bidang pendidikan dengan penekanan terhadap upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan pelajar-pelajar di daerah masing-masing. Melalui program tersebut setiap tahunnya ada penambahan siswa-siswa yang masuk ke perguruan tinggi. Hal ini semakin memperluas jangkauan pendidikan di daerah asal penerima beasiswa..

Pada akhirnya, melalui beasiswa ini, para penerima manfaat berpotensi untuk terus menjadi solusi bagi permasalahan ekonomi dan sosial yang ada di masyarakat. Selain itu, kebaikan dari manfaat beasiswa yang diberikan ini diharapkan dapat terus tumbuh, menyebar, dan berkah seperti makna dari zakat.

Zakatnesia DD

 

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s