Menilik Kemungkinan Lahirnya Juara Baru

Tiga matchday sudah berlalu di babak grup Euro 2016. Peraturan baru dengan 24 tim membuat komposisi pertarungan memperebutkan juara semakin terbuka bagi para tim yang belum pernah merasakan Trofi Henri Delaunay. Negara yang dijagokan untuk juara adalah Prancis, Jerman, Spanyol, Belgia, dan Inggris. Banyak yang bilang, Kroasia melakukan sebuah kejutan karena menggulingkan Spanyol di laga terakhir. Italia sendiri dikalahkan Republika Irlandia. Dua hal tersebut cukup berperan besar dalam membentuk peta kekuatan menuju partai final yang menarik seperti pada gambar di bawah ini.
pojoksatu-bagan-16-besar

Pada laga knockout yang akan mulai di gelar malam ini, Polandia akan bertanding melawan Swiss. Secara rekor pertemuan, Polandia unggul dengan 4 menang, 1 kalah, dan 5 seri melawan Swiss. Di lain jam, ada Wales bertemu dengan Irlandia Utara yang merupakan derbi Britania Raya. Wales diunggulkan oleh rekor pertemuan yang mendukung dan barisan gelandang yang bermain apik serta performa Gareth Bale yang bisa menjadi penentu. Kemudian, ada Kroasia menghadapi Portugal yang tidak tampil mengesankan meski diperkuat Cristiano Ronaldo. Di sisi bersebrangan, Kroasia tampil bagus dengan mencatat 2 kemenangan dan 1 seri selama babak grup.

Dengan melihat ketiga pertandingan malam ini, dapat sedikit ditilik sejauh mana kemungkinan lahirnya juara baru Euro. Belgia nampaknya lebih diunggulkan melawan Hungaria, tapi Hungaria bisa saja menghasilkan kejutan. Pun demikian dengan Islandia melawan Inggris meski Inggris jelas difavoritkan. Jerman vs Slowakia sepertinya Jerman bakal melaju mulus, demikian juga dengan Perancis. Tapi segala sesuatu bisa terjadi di Sepakbola. Yang patut ditunggu juga adalah pemenang antara Spanyol dengan Italia. Yang jelas, tim-tim favorit juara dan tim besar, bakal saling menghabisi di babak knockout ini, khususnya di bagan kanan gambar di atas. Potensi lahirnya juara baru Euro sepanjang sejarah turnamen yang pertama kali digelar tahun  1960 bisa dikatakan sangat besar. Bagan kiri pada gambar jelas akan memunculkan calon juara baru, entah itu Belgia, Portugal, atau yang lain. Bagian kanan seperti tadi disinggung, tim besar macam Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, Inggris tidak akan mudah melalui fase-fase menuju final. Lahirnya juara baru tentu menjadi sensasi sendiri bagi para pecinta sepakbola.

Daftar juara Euro dari 1960-2012: https://id.wikipedia.org/wiki/Kejuaraan_Sepak_Bola_Eropa_UEFA

Akankah ada juara baru di tahun ini?

uefa-euro-2016-logo

Sumber:

goal.com

fajar.co.id

wikipedia

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s