ISEDM 2016

Selama dua hari kemarin, saya berkesempatan menjadi panitia ISEDM, sebuah simposium internasional mengenai bencana alam dan mitigasinya. Saya baru bergabung ketika hari pelaksanaan. Kembali lagi saya merasakan bagaimana peran sebagai panitia suatu kegiatan. Berkenalan dengan orang-orang baru dan mendapat ilmu pengetahuan serta wawasan yang berbeda. Dari latar belakang geologi, saya memandang bahwa suatu permasalahan memerlukan integrasi dari berbagai disiplin ilmu untuk saling melengkapi dan di sanalah diperoleh suatu solusi yang komprehensif.dsc_0592Indonesia Raya Menggaung di CRCS

dsc_0625

Peserta mulai memadati arena simposium

Saya sendiri merasakan bahwa untuk bisa mempublikasikan karya penelitian dalam bentuk presentasi maupun salinan poster membutuhkan pengorbanan yang besar dari segi waktu, pikiran, dan tenaga. Ada yang menyiapkan dalam beberapa bulan dan ada juga yang menyiapkan dalam waktu singkat dengan beban kerja yang besar. Setiap dari mereka memiliki ceritanya sendiri.

dsc_0710Sesi diskusi presentasi Kritika Bora asal India

100_7935Best Presenter Rino Salman

Satu hal yang sangat berkesan bagi saya adalah  attitude yang dijaga dalam suatu rangkaian acara simposium selama dua hari kemarin. Bagaimana seluruh ahli dan praktisi di bidang terkait kebencanaan berbagi ide-ide mereka, kemudian diskusi-diskusi yang menghasilkan suatu pencerahan yang saling menular, serta kesempatan bagi yang masih muda untuk berkarya dan mendapatkan pengalaman yang begitu berharga. Banyak partisipan dari luar negeri yang juga turut andil mengikuti simposium ini.

dsc_0042Pak Hasanuddin Z. Abidin akan memaparkan presentasi subsidence

Saya juga terkesan dengan kebaikan-kebaikan yang muncul serta semangat-semangat dari para panitia yang tidak hanya sebagai event organizer tetapi juga berpartisipasi aktif mengemukakan ide-ide penelitian mereka.

dsc_0830Sesi foto bersama panitia

Apa-apa yang baik bisa ditemukan dalam simposium ISEDM, dari sanalah saya belajar banyak hal.

Terimakasih panitia ISEDM 2016 dan sukses selalu!

dsc_0049

 

Komentar

